Bimbingan Teknis Penyusunan Desain Tapak dan Pemberian Tanda Batas

Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Desain Tapak dan Pemberian Tanda Batas di Balai Taman Nasional Gunung Merbabu pada hari Kamis, 8 Mei 2014. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SPTN 1 dan SPTN 2, Kepala Resort, staf teknis BTNGMb, perwakilan dari Perhutani, Pengelola Treetop dan Pengelola Tuk Dandang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai TNGMb Ir. Wisnu Wibowo MM yang selanjutnya memberikan materi tentang progress penyusunan desain tapak wisata alam di BTNGMb.

Dalam penyampaian materi tentang progress penyusunan desain tapak, Kepala Balai TNGMb memberikan penjelasan bahwa penyusunan desain tapak wisata alam di TNGMb telah memasuki tahap akhir, pembahasan di tingkat pusat telah dilakukan di akhir tahun 2013. Penetapan desain tapak ini masih menunggu pengesahan rencana pengelolaan dan zonasi TNGMb. Ada 7 blok yang disiapkan desain tapaknya untuk pariwisata alam di TNGMb. Ketujuh blok tersebut berada di Zona Pemanfaatan. 7 blok tersebut antara lain : Blok Grejengan Kembar, Blok, Kali Pasang, Blok Lempong Sikendi, Blok Kopeng, Blok Mongkrong, Blok Simuncar dan Blok Selo.

Materi kedua di Bimtek ini disampaikan oleh Bapak Ir. Nurwanto, MM Kasudit Pengembangan Wisata Alam. Materi yang disampaikan tentang Kebijakan Pemanfaatan Wisata Alam (Penyusunan Desain Tapak dan Pemberian Tanda Batas). Dasar dari penyusunan desain tapak ini adalah Permenhut Nomor 48 /Menhut-II/Tahun 2010 jo Permenhut No. P.4/Menhut-II/2012 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di SM, TN, Tahura dan TWA. Desain Tapak disini diartikan sebagai Pembagian ruang pengelolaan pariwisata alam di zona/blok pemanfaatan dan zona/blok perlindungan/rimba/bahari yang diperuntukkan bagi ruang publik dan ruang usaha penyediaan jasa/sarana pariwisata alam. Proses penyusunan desain tapak meliputi Inventarisasi dan identifikasi, analisa data, sintesa hasil analisis, konsultasi publik dan penyusunan peta desain tapak. Desain tapak ini di susun oleh Kepala UPT yang disahkan oleh Direktur PJKKHL.

Berikut foto-foto kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Desain Tapak dan Pemberian Tanda Batas :

Peserta Bimtek
Peserta Bimtek
Peserta Bimtek
Peserta Bimtek
Kepala Balai Taman Nasiona Gunung Merbabu, Ir. Wisnu Wibowo MM dan Kasubdit Pengembangan Wisata Alam Ir. Nurwanto, MM
Kepala Balai Taman Nasiona Gunung Merbabu, Ir. Wisnu Wibowo MM dan Kasubdit Pengembangan Wisata Alam Ir. Nurwanto, MM
Kepala Balai TNGMb saaat memberikan materi
Kepala Balai TNGMb saaat memberikan materi

 

Satu pemikiran pada “Bimbingan Teknis Penyusunan Desain Tapak dan Pemberian Tanda Batas

Tinggalkan komentar